Alexey Klyuykov, Vasil Artamonov & Dominik Forman

Alexey Klyuykov, Vasil Artamonov & Dominik Forman

Vasil Artamonov dan Alexey Klyuykov (dengan Dominik Forman)

Keduanya lahir masing-masing pada 1980 dan 1983 di Rusia.

 

Vasil Artamonov dan Alexey Klyuykov adalah duo seniman berkebangsaan Rusia yang sudah berkolaborasi sejak masa studi mereka di Academy of Arts, Architecture and Design pada 2005 di Praha. Pada awalnya, karya-karya mereka kebanyakan berupa seni konseptual (Monumental to the Third International, 2005) dan performans (How We Helped, 2006). Dalam The Course of Autumn (2010), keduanya menciptakan sebuah instalasi yang monumental berupa mesin-mesin kuno dari kayu yang mereka temukan di pabrik Poldi Kladno di Republik Ceko. Pabrik itu menjadi contoh kasus kegagalan privatisasi yang paling menonjol, yang berujung pada penutupan salah satu area industri terbesar di negara tersebut. Instalasi Wisdom (2007) memamerkan siluet janggut berbagai sosok sejarah terkenal, seperti Karl Marx, Mikhail Bakunin, Piet Mondriaan, dan Slavoj Žižek. Instalasi ini dibuat dari potongan kayu.

Sejak sekitar tahun 2007, Artamonov dan Klyuy mengalihkan perhatian mereka pada lukisan, khususnya sejarahnya dari segi materialisme sejarah sebagai sebuah arsip utopia masa depan yang belum terlaksana. Dalam Photographs of Freight Truck (2007), mereka melukis berbagai salinan dan variasi bentuk komposisi karya Kazimir Malevič pada penyangga-penyangga kereta. “Lompatan macan” – menurut Walter Benjamin – yang memotong kesinambungan sejarah lukisan, bagi Artamonov dan Klyuy, bermula dengan paham konstruktivisme dan kubisme. Dalam serangkaian lukisan Fire in the Library, Demonstration and Globe (2007), yang disusun dalam “gaya kubus”, titik perhatian keduanya bukanlah memeragakan penerapan kubisme analitis pada objek riil, melainkan memeragakan penggunaan performatif bahasa pelukis dalam suatu proses kolektif yang mengkritisi ketiadaan imajinasi tentang masa depan yang lebih baik. Lukisan-lukisan itu menggabungkan lukisan bentuk (still-life) kubus yang nyaris abstrak dan menjorok ke dalam pada latar belakang putih dengan slogan teks pendek maupun panjang yang ditulis tangan tanpa tipografi.

Kumpulan lukisan Artamonov dan Klyuy yang dipamerkan dalam Jakarta Biennale 2017 berkaitan dengan riset terbaru yang mereka lakukan melalui kerja sama dengan seniman Dominik Forman. Dalam Manifesto of Radical Realism (2006) yang mereka buat bersama, mereka mendukung ide tentang kepengarangan kolektif dan seni yang ditujukan untuk antagonisme masyarakat pascakapitalis. Ketertarikan tersebut mengarahkan mereka pada penyelidikan tentang arkeologi masa depan dan sejarah awal kelompok garda depan Rusia (kelompok Jack of Diamonds, 1910–1917). Akhir-akhir ini, subjek lukisan mereka bervariasi, mulai dari lukisan bentuk perkakas masyarakat kelas pekerja atau dokumen-dokumen yang berhubungan dengan teori materialisme sejarah, hingga potret tokoh-tokoh bersejarah (Rosa Luxemburg, Pablo Picasso) atau yang berhubungan dengan tema lukisan para realis progresif.