GUDANG SARINAH EKOSISTEM

GSE (Gudang Sarinah Ekosistem)

Jl. Pancoran Timur II, no. 4 Jakarta Selatan, 12780
Open daily from 11.00 – 19.00  WIB
Free admission

Adalah sebuah platform seni budaya yang didirikan pada 2015 oleh enam komunitas seni di Jakarta. Berlokasi di area Gudang Sarinah, Pancoran, Jakarta Selatan, Gudang Sarinah Ekosistem adalah ruang lintas-disiplin, ruang yang menyatukan inisiatif-inisiatif kreatif para pelaku dunia kreatif-kesenian di Jakarta. Menjadi tempat tumbuh kembang komunitas-komunitas dan bakat-bakat kreatif. Untuk itu platform ini mengelola, mengembangkan, dan membangun sistem dukungan terpadu. Di Gudang Sarinah Ekosistem, berbagai jaringan bertemu dan berkolaborasi; saling belajar, bertukar pengetahuan dan ide sebagai pencarian akan pemikiran-pemikiran kritis, kreatif, dan inovatif. Hasil pergulatan itu disajikan pada publik luas dalam rupa pameran, festival, lokakarya, diskusi, pemutaran film, konser musik, pertunjukan teater, performance, siaran radio, publikasi ilmiah, dsb. Selain itu, ruang-ruang publik yang bisa diakses kapan pun oleh siapa pun. Memiliki perpustakaan yang nyaman adalah tawaran dari ide-ide kreatif itu pula. Singkatnya, Gudang Sarinah Ekosistem adalah oase artistik kreatif di tengah kota Jakarta.

Petunjuk ke Gudang Sarinah Ekosistem

Transjakarta

 

Naik Transjakarta Koridor 9 (Pinang Ranti – Cililitan) atau 9A (Cililitan – Grogol 2), turun di Halte Pancoran Tugu. Dari halte tersebut, Jalan Pancoran Timur II bisa ditempuh dengan cara:

  • Jalan kaki menyusuri Jalan M.T. Haryono di sisi Selatan (sisi yang mengarah ke Pasar Minggu, bukan sisi yang mengarah ke Tebet). Sebagai panduan, lihatlah patung Tugu Pancoran—patung tersebut menunjuk ke arah Utara. Jalan Pancoran Timur II ada di sebelah kanan jalan, di antara gedung LPDB KUMKM RI (Kantor Kementerian Koperasi dan UKM) dan BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia). Masuk jalan itu, Gudang Sarinah ada di sebelah kiri Anda.
  • Naik ojek/bajaj dengan harga sekitar Rp 7.000-10.000 atau taksi sekitar Rp 15.000-25.000. Anda harus putar balik melewati underpass, lewat jalan kecil di sebelah kiri jalan tidak jauh setelah pom bensin Shell. Anda akan menemukan Jalan Pancoran Timur II yang berada di sebelah kiri Anda, sebelum lampu merah perempatan Tugu Pancoran, di antara gedung LPDB KUMKM RI (Kantor Kementerian Koperasi dan UKM) dan BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia). Masuk jalan itu, Gudang Sarinah ada di sebelah kiri Anda.

Commuter

 

Stasiun terdekat adalah Stasiun Cawang, yang dilewati empat jalur Commuter Line: Bogor – Jakarta Kota, Depok – Jakarta Kota, Bogor – Jatinegara, dan Depok – Jatinegara. Dari Stasiun Cawang, Gudang Sarinah bisa dicapai dengan naik angkutan umum, ojek/bajaj, atau taksi.


Ojek / Taxi

 

  • Selain alamat, informasikan sopir ojek atau taksi bahwa Jalan Pancoran Timur II terletak tidak jauh dari perempatan Tugu Pancoran, di seberang Gelael, dan di antara gedung LPDB KUMKM RI dan BNP2TKI.
  • Jika Anda menuju Jalan Letjen M.T. Haryono dari arah Semanggi, Manggarai, atau Tebet, Anda harus putar balik melewati underpass, lewat jalan kecil di sebelah kiri jalan tidak jauh setelah pom bensin Shell.
  • Jika Anda menuju Jalan Letjen M.T. Haryono dari arah Pasar Minggu, Anda juga harus putar balik melewati underpass, lewat jalan kecil di sebelah kiri jalan tidak jauh setelah pom bensin Shell.
  • Jika Anda menuju Jalan Letjen M.T. Haryono dari arah Cawang, Anda tidak perlu putar balik. Jalan Pancoran Timur II ada di sebelah kiri Anda sebelum lampu merah perempatan Tugu Pancoran, di antara gedung LPDB KUMKM RI (Kantor Kementerian Koperasi dan UKM) dan BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia). Masuk jalan itu, Gudang Sarinah ada di sebelah kiri Anda.