Pawel Althamer

Pawel Althamer

Pawel Althamer

Lahir di Warsawa, Polandia, pada 1967. Menetap dan bekerja Warsawa, Polandia.

 

 

Pawel Althamer belajar seni patung di Warsaw Academy of Fine Arts (1988–1993). Ia bekerja dengan berbagai media meliputi patung, instalasi, video, performans, dan lainnya. Bersama para kolaborator sejak lama, Michał Mioduszewski and Jędrek Rogoziński, Althamer menyelidiki bagaimana ruang perluasan persepsi manusia dapat terbuka bagi masyarakat yang lebih luas dan mengubah bentuk-bentuk sosial yang ada.

Dalam performansnya, Water, Time, Space (1991), ia membungkus dirinya dengan plastik foil yang perlahan diisi air dingin. Pada tahun yang sama, dalam Self Portrait, ia berpakaian serba-putih seperti “manusia salju” dan duduk selama beberapa jam di sebuah taman yang tertutup salju. Ia kemudian menggunakan sosok penjelajah yang mengamati dan mendokumentasikan lingkungannya, baik sebagai patung laki-laki yang memegang kamera (Observer, 1995) maupun dalam performans selama berbulan-bulan di mana ia berjalan sembari mengenakan baju ruang angkasa buatan sendiri dan memfilmkan dunia di sekitarnya (Astronaut 2, Documenta X, 1997).

Dalam sebuah performans yang menghidupkan kembali pertukaran komunal dalam Brodno (2000), Althamer membujuk para tetangganya di rumah susun untuk menyalakan/mematikan lampu di ruangan-ruangan tertentu, hingga melibatkan sekitar 200 keluarga. Sejumlah jendela kamar rusun memantulkan cahaya lampu membentuk nomor “2000” pada muka depan bangunan. Dalam Common Task, dari 2008–2010 para tetangganya melakukan misi ke Brasilia, Brussel, dan Oxford untuk mengamati tempat-tempat tersebut sembari mengenakan kostum berwarna emas layaknya para astronot yang datang dari luar angkasa.

Draftsmen’s Congress (2012) mengundang para peserta untuk berkomunikasi melalui sejumlah citra yang digambar pada dinding. Tidak hanya mengandung kegiatan “belajar lagi dari semula” dan menjadi wadah berbagai saluran komunikasi antarmanusia, karya itu juga menorehkan namanya dalam barisan para seniman Fluxus, seperti Robert Filliou dan Yoko Ono. Gagasan ini mengelak dari pemikiran bahwa pendidikan seni dan keterampilan artistik adalah kondisi yang niscaya diperlukan untuk sebuah karya seni, dan membawa objek atau fenomena apa pun ke pengalaman estetik. Pawel menganjurkan kualitas yang sama dalam kolaborasinya selama lebih dari dua puluh tahun dengan Nowolipie Group, sekelompok orang yang menderita sklerosis ganda.

Untuk Jakarta Biennale 2017, Pawel Althamer mengusulkan sebuah instalasi baru, Krasnobrodzka 13 (2017), yang merekonstruksi sebuah tangga di salah satu blok rumah susun di Warsawa tempat sang seniman dulu tinggal. Konstruksi yang bisa ditempati ini terkait dengan aksinya pada 2010 saat ia merenovasi sebuah ruang kosong menggunakan desain “pesawat ruang angkasa”, yang kemudian berfungsi sebagai ruang komunal yang dipersembahkan untuk seni, budaya, dan integrasi sosial. Ruang itu memunculkan pemutaran film dan diskusi para penduduk yang, meskipun bertetangga, tidak saling mengenal. Gubahan “alien” dari ruang yang ditelantarkan ini ternyata berubah menjadi simbol hubungan manusia yang tak teralienasi.